smassuluh097@gmail.com (021)7801607 / 7828159

WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

  • Tanggal: 2022-05-28

DSC01035

Jakarta, sabtu 28 Mei 2022. SMA SULUH Jakarta melakukan workshop implementasi kurikulum merdeka. Acara dilakukan secara luring di ruang Aula SMA SULUH Jakarta. Acara dibuka pukul 08.00 oleh MC. Susuan acara yang pertama, Kepala SMA SULUH Jakarta Bpk. Saifuddin, S.Ag memberikan sambutan, dilanjutkan sambutan kedua oleh Bpk. Drs. Otjim Alkasim T. W. selaku sekertaris Yayasan Hortikultura, dan selanjutnya masuk ke acara inti yang di narasumberi oleh Ibu. Itje Ruviana, M.M., M.Si.

DSC01057

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Adapun indikator dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan kurikulum merdeka adalah:

  1. Menerapkan paradigma baru
  2. Mengimplementasikan permendikbud No.56 Tahun 2022 (Intrakurikulum)
  3. Menerapkan pembelajaran projek

Menciptakan profil pelajar pancasila:

  1. Beriman kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia
  2. Berkebhinekaan Global
  3. Mandiri
  4. Bergotong Royong
  5. Berpikir Kritis
  6. Kreatif

Pembelajaran saat ini harus berdiferensiasi antara satu peserta didik dengan peserta didik lainnya. Kita bisa mengetahuinya dengan cara melakukan assesmen diagnostik pada setiap mata pelajaran. Pada tahun pelajaran baru kemungkinan akan kembali normal dan kurikulum mengacu pada standar nasional pendidikan PP RI No.4 Tahun 2022 Tentang perubahan. Opsi 1. Kurikulum 2013 secara penuh, Opsi 2. Kurikulum darurat 2013 disederhanakan, Opsi 3. Kurikulum Merdeka.

SMA SULUH Jakarta memilih menerapkan Opsi 3 yaitu kurikulum merdeka. Maka dari itu dalam kegiatan workshop ini, guru melakukan pelatihan dalam memahami konsep kurikulum merdeka yang menekankan pada paradigma baru, dengan tujuan guru dan peserta didik merdeka dalam melakukan pembelajaran, sehingga peserta didik bisa mencapai kompetensi yang ingin dimiliki. Selain itu peserta didik juga bisa memilih peminatan jurusan sesuai dengan minat dan kemauan peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

DSC01032