BERITA DAN PENGUMUMAN

PERAYAAN BULAN MUHARRAM 1441 HIJIRYAH SMA SULUH JAKARTA
Publish Date : 9/10/2019   Source : Humas SMA SULUH

Bulan September 2019 ini, umat muslim merayakan Tahun Baru Islam yang jatuh pada tanggal 1 September 2019. Bulan Muharam pun menjadi awalan menandai datangnya tahun baru ini.

Di bulan ini, sunah melakukan amalan ketaatan dan kebaikan, dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan saat mengerjakannya, selain itu amalan sunah yang dikerjakan pun akan berbalas pahala yang besar.

Muharram termasuk bulan yang dimuliakan. Bulan ini dijuluki dengan syahrullah (bulan Allah). Muharram dikatakan mulia karena di dalamnya terdapat amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk melakukannya.

Sunah utama yang dimaksud ialah mengerjakan puasa Asyura.

Berdasarkan pada hadits riwayat Abu Hurairah: "Seseorang datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya, ‘Setelah Ramadan, puasa di bulan apa yang lebih afdhal?' Nabi menjawab, ‘Puasa di Bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharam,” (HR Ibnu Majah).

Sambutan dari Bapak Saifuddin, S.Ag (Kepala SMA SULUH Jakarta).

Bermuhasabah atau introspeksi diri.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Hasyr: 18).

Ayat tersebut mengingatkan umat Islam untuk bisa terus mengintrospeksi dan mengevalusi semua perbuatan yang pernah dilakukan di masa lampau dan bertujuan untuk memperbaikinya pada massa depan serta meningkatkan iman sebagai bekal di hari akhir.

Dan pada hari Selasa, 10 September 2019. SMA SULUH Jakarta melakukan kegiatan Perayaan Bulan Muharram 1441 H bersama 35 anak yatim dan/atau yatim piatu. Kegiatan diisi dengan berintrospeksi diri dan ditutup dengan doa bersama untuk keberkahan, kesehatan dan keselamatan semua warga SMA SULUH Jakarta, para dewan guru dan karyawan, seluruh peserta didik dan para wali peserta didik SMA SULUH Jakarta.  Aamiin aamiin ya rabbal alamin.

Penyerahan cindera mata oleh Bapak Munawar, S.T., Bapak Saifuddin, S.Ag., dan Bapak Hombar Simanjuntak, S.Pd.