BERITA DAN PENGUMUMAN

HUT PRAMUKA SMA SULUH JAKARTA KE-58 TAHUN 2019
Publish Date : 8/14/2019   Source : Humas SMA SULUH

Gerakan Pramuka Indonesia merupakan oganisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Tapi sebelum singkatan ini ditetapkan, kata Pramuka asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari kata "Poromuko" yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

Gerakan Pramuka diperkenalkan resmi kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 bersamaan dengan Presiden RI menganugerahkan panji-panji sebagai penghargaan keikutsertaan para pandu dalam mengisi kemerdekaan Indonesia. Sejak itulah, pada tanggal 14 Agustus 1961 ditetapkan sebagai Hari Pramuka yang setiap tahun diperingati seluruh anggota Gerakan Pramuka se-Indonesia.

Amanat Apel oleh Pembina Apel langsung disampaikan Kepala SMA SULUH Jakarta Bapak Saifuddin, S.Ag.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota gerakan pramuka, yang meliputi; Pamuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatihan Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan  Majelis Pembimbing.Pembacaan doa diakhir Apel HUT Pramuka ke-58.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

SMA SULUH Jakarta mengucapkan selamat hari PRAMUKA ke-58 semoga Pramuka semakin jaya sesuai dengan makna Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Salam Pamuka.