smassuluh097@gmail.com (021)7801607 / 7828159

Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi SMA SULUH

  • Tanggal: 2023-09-23

Sabtu, 23 September 2023 SMA SULUH Jakarta menyelenggarakan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi


Kegiatan workshop ini diadakan dengan mengundang pemateri yaitu Bpk. Satriawan Salim, S.Pd, M.Si yang merupakan bagian dari Pusat Kurikulum dan Pembelajaran dan juga Koordinator Projek di SMA Labschool Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan workshop ini bertujuan agar semua tenaga pendidik SMA SULUH dapat meningkatkan kompetensinya untuk merespon kebutuhan peserta didik dalam belajar yang  berbeda-beda, meliputi kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajarnya. 


Dalam kegiatan workshop ini, dikupas tuntas mengenai seluruh Bentuk pembelajaran berdiferensiasi di kelas dapat mencakup tiga jenis, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Diferensiasi konten berkaitan dengan perbedaan kontens materi yang diajarkan kepada peserta didik sebagai tanggapan dari kesiapan belajar, minat, atau profil belajarnya (visual, auditori, kinestetik) atau bahkan bisa kombinasi dari ketiganya. Diferensiasi proses berkaitan dengan perbedaan proses pembelajaran dengan menyediakan kegiatan berjenjang, adanya pertanyaan pemandu atau tantangan, membuat agenda individual peserta didik, memvariasikan waktu, mengembangkan kegiatan bervariasi, dan menggunakan pengelompokan yang fleksibel.  Diferensiasi produk berkaitan dengan perbedaan produk tagihan kepada peserta didik dengan memberikan tantangan atau keragaman variasi dan memilih produk apa yang diminatinya.


Kegiatan workshop ini diselenggarakan agar Bapak Ibu Guru di SMA SULUH dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dan dapat membuat persiapan-persiapan yang baik. Langkah-langkah persiapan yang perlu dilakukan agar pembelajaran berdiferensiasi dapat berjalan efektiff antara lain: (1) menentukan tujuan pembelajaran; (2) memetakan kebutuhan belajar peserta didik (kesiapan belajar, minat, profil belajar; (3) menentukan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan; dan (4) menentukan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang akan dijalankan (konten, proses, produk).


Seyogyanya guru harus memahami bahwa setiap peserta didik memiliki kodrat keadaan yang berbeda-beda. Tugas guru adalah menuntun mereka agar mendapatkan kesuksesan hidup sesuai dengan bakat, minat, potensi, dan prestasi yang dimilikinya. 


Bpk. Yudi Tri Nugraha selaku Kepala SMA SULUH Jakarta berharap dengan adanya kegiatan ini, para Guru pengajar di SMA SULUH meningkatkan kompetensinya dalam menuntun  mengembangkan kemandirian peserta didik dalam mengembangakan dirinya. Dengan pembelajaran berdiferensiasi, peserta didik akan mampu bertanggung jawab terhadap proses dan hasil yang mereka peroleh, serta memiliki regulasi diri yang baik, sehingga akan diperoleh prestasi belajar yang optimal.

Whats-App-Image-2023-09-25-at-09-15-13

Whats-App-Image-2023-09-25-at-09-15-14

Whats-App-Image-2023-09-25-at-09-15-14-1

Whats-App-Image-2023-09-25-at-09-15-15